Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Website www.alumni-sttind.com expired... mohon maaf atas ketidaknyamanan ini....

MENGENANG SEJARAH STTIND 27 TAHUN YANG LALU

11 Maret 1982 sampai 11 Maret 2009

Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang dibina oleh Yayasan Muhammad Yamin, yang didirikan pada tanggal 11 Maret 1982 dengan Akte Notaris No. 58 tanggal 11 Maret 1982 dengan Notaris Abdul Kadir Usman, SH. Yayasan ini didirikan oleh : Drs. Ervil Boer dan Ny. Sutinar.

Didorong oleh rasa turut bertanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan di negara kita pada umumnya dan Sumatera Barat pada khususnya, maka pada tanggal 11 Maret 1982 tersebut Yayasan M. Yamin Padang mendirikan Akademi Perindustrian yang berorientasi pada “AKPRIN” Yogyakarta. Setelah mendapatkan saran-saran akademis, selanjutnya mengajukan rekomendasi ijin mendirikan Akademi tersebut kepada Gubernur Propinsi/Dati I Sumatera Barat, kemudian diteruskan kepada koordinator Kopertis Wilayah I Medan untuk mendapatkan ijin operasional. Koordinator Kopertis Wilayah I Medan melalui suratnya nomor 077/SK/KOP.I/1984, tanggal 5 April 1984 memberikan ijin operasional berdirinya Akademi Perindustrian Padang dengan jurusan :

  1. Jurusan Manajemen Industri
  2. Jurusan Statistik Industri
  3. Jurusan Maintenance Industri

Pada tahun 1984 Koordinator Kopertis Wilayah I Medan dengan suratnya nomor 041/R/KOP.I/1984 mengusulkan kepada Mendikbud untuk mendapatkan Status Terdaftar, kemudian Menteri merealisasikan dengan keputusan Nomor 076/0/1985, tanggal 21 Februari 1985 untuk Jenjang Pendidikan Diploma III yaitu :Akademi Teknologi Industri Padang, disingkat ATIND dengan Jurusan Teknik dan Manajemen Industri.

Kemudian pada tahun 1988 atas usul Kopertis Wilayah I Medan, jenjang pendidikan ditingkatkan menjadi Program Sarjana (S1) dan Diploma III (DIII) yang dituangkan dalam keputusan Mendikbud No. 086/0/1988 dengan jurusan :

  1. Teknik dan Manajemen Industri, dengan Program Studi : Teknik industri dan Manajemen Industri
  2. Jurusan Teknik Informatika, dengan Program Studi :Teknik Informatika

Maka dengan keluarnya status terdaftar untuk Program Sarjana dan Diploma III maka sebutan ATIND berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No : 021/BAN-PT/Ak-IV/VIII/2000, tanggal 31 Agustus 2000, Program Studi Teknik Industri STTIND Padang telah mendapatkan predikat “Terakreditasi” dengan nilai “B”. Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 166/D/T/2005 tanggal 13 Januari 2005 dikeluarkan perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi Teknik Industri. Pada tahun 2007, Badan Akreditasi Nasional mengeluarkan perpanjangan akreditasi berdasarkan Surat Keputusan No : 011/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007 tanggal 26 Mei 2007. Berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdiknas No. 1597/D/T/2002 dikeluarkan ijin penyelenggaraan 3 (tiga) program studi baru yaitu Program Studi Teknik Mesin, Teknik Pertambangan dan Teknik Lingkungan. Sehingga tahun 2002 STTIND Padang telah mempunyai 4 (empat) program studi, yaitu :

  1. Program Studi Teknik Industri
  2. Program Studi Teknik Pertambangan
  3. Program Studi Teknik Mesin dan
  4. Program Studi Teknik Lingkungan.

Kemudian, Program Studi Teknik Lingkungan dan Teknik Pertambangan juga telah mendapatkan perpanjangan ijin dengan SK Dirjen Dikti masing-masing No. 290/D/T/2007 dan No. 291/D/T/2007 tanggal 12 Februari 2007. Tahun 2008, Program Studi Teknik Mesin juga telah mendapatkan perpanjangan ijin dengan SK Dirjen Dikti No. 3227/D/T/2007 tanggal 11 Oktober 2007. Semester Genap Tahun Akademik 2007/2008 STTIND Padang membuka 1 (satu) program studi lagi yaitu Program Studi Sistem Informasi (S1) dengan Gelar Sarjana Komputer (S Kom) dengan ijin penyelenggaraan No. 901/D/T/2008 tanggal 24 Maret 2008. Sehingga tahun 2008 STTIND Padang telah mempunyai 5 (lima) program studi, yaitu :

  1. Program Studi Teknik Industri
  2. Program Studi Teknik Pertambangan
  3. Program Studi Teknik Mesin
  4. Program Studi Teknik Lingkungan
  5. Program Studi Sistem Informasi.

Dengan perbaikan berkesenambungan dan penambahan fasilitas secara bertahap maka sampai saat sekarang STTIND sudah mempunyai Sarana dan Prasarana terdiri dari:

  1. Ruang kuliah terdiri dari ruang berlantai 3 dengan 6 ruang serta dilengkapi whiteboard, Over Head Projector dan kipas angin
  2. Aula dengan fasilitas AC, LCD Proyektor, Layar, Whiteboard
  3. Ruang seminar yang dilengkapi dengan whiteboard, Over Head Projector dan kipas angin
  4. Perpustakaan STTIND menyediakan buku-buku yang relevan dengan mata kuliah bagi mahasiswa untuk dipinjam dalam rangka menunjang proses perkuliahan.
  5. Laboratorium Komputer : terdiri dari 17 unit komputer sistem LAN dan Internet, yang digunakan untuk praktek komputer dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang informasi dan komputer.
  6. Laboratorium Proses Produksi : terdiri dari berbagai fasilitas mesin produksi seperti mesin bubut, mesin bor, mesin gerinda dll untuk menunjang perkuliahan Proses Produksi I dan Proses Produksi II.
  7. Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi : Laboratorium ini digunakan dalam Praktek Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi yang tujuannya untuk meningkat kualitas mahasiswa dalam perancangan sistem kerja dan ergonomi.
  8. Laboratorium Sistem Produksi : Laboratorium ini digunakan dalam praktek Perencanaan dan Pengendalian Produksi dan Sistem Produksi.
  9. Studio TLFP : Studio ini digunakan dalam Praktikum Perancangan Tata Letak Fasilitas Pabrik.
  10. Studio Gambar yang digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan menggambar Teknik dan Elemen Mesin.
  11. Unit kegiatan mahasiswa yang di tempati untuk pusat kegiatan mahasiswa oleh masing- masing jurusan yang ada.
  12. Sistem Informasi Perguruan Tinggi yang digunakan oleh seluruh sivitas akademika untuk mengakses informasi yang ada
  13. Jaringan Local Area Network (LAN) dan internet seluruh unit komputer yang ada.

Dengan perkembangan yang dilakukan secara bertahap semoga STTIND Padang menjadi lebih maju dan berkembang di masa yang akan datang yang tak luput dari dukungan semua pihak termasuk alumni .


Comments :

0 komentar to “MENGENANG SEJARAH STTIND 27 TAHUN YANG LALU”