Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Website www.alumni-sttind.com expired... mohon maaf atas ketidaknyamanan ini....

DATA & BAHAN UNTUK SKRIPSI




Sewaktu mahasiswa dulu yang paling mengahantui adalah membuat skripsi... apa sih judulnya..? bahan dan data dari mana ya...? apalagi sewaktu itu saya buat skripsi dengan Judul "Meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui perbaikan tata letak (layout) mesin di PT. Polyguna Nusantara Padang".... nggak tahu apa masih ada atau nggak ya perusahaannya..? yang pasti waktu itu pas kita mau mengadakan penelitian pabrik berhenti total karena krisis moneter tahun 1998... matilah....

Tapi yang namanya semangat tak kunjung padam... kita terpaksa cari literatur dan bahan-bahan pendukung.... tanya sana-sini... zaman itu yang namanya internet masih kabur... jauh dari indera penciuman... he..he... untunglah ada teman kita yang namanya SUKIDI yang pernah praktek disana yang punya data2 mentahnya.... akhirnya terbantu juga kita... Thanks ya Pak SUKIDI.... dimana anda sekarang...? mudah2an baca tulisan ini....
Apalagi teman saya PAJOK TI//93 (Jhon Fitri)... mudah2an juga baca blog ini... pak jhon juga sibuk telpon teman2nya di bandung minta dikirimin contoh2 skripsi.... he..he... repot deh... tapi apa boleh baut.... teman2 lain pasti punya cerita masing2 masalah buat skripsi ini...
Terus terang ide pembuatan skripsi ini saya dapat dari skripsi seorang rekan yang beda almamater... idenya layout tapi subjectnya beda.... dan beda pula garapannya.... tapi sempat panas dingin juga..... Alhamdulillah berkat bimbingan pak Gamindra saya berhasil mendapatkan nilai A... he..he... nggak nyombong lho.... disamping skripsi saya buat maket (miniatur) pabrik... sehingga dalam penjelasan saya nggak pernah nyentuh skripsi apalagi membuka lembaran skripsi.... mungkin inilah plusnya.... Penguji bilang sudah menguasai.... he...he.... padahal kita panas dingin.... apalagi saya yang pertama diuji hari itu.... mana tim penguji sedang segar2nya untuk memberondong pertanyaan.... Memang tradisi ujian skripsi ada saja korbannya... minimal ada yang pingsan..... nggak tahu kalau sekarang..... kalau nggak ada yang pingsan berarti ujiannya ecek-ecek kali... he...he.....

Ternyata perjuangan tak selesai sampai disini..... saya juga nggak bisa wisuda karena terganjal oleh sistem orde baru.... Nilai Pancasila dapat D.... ha...ha.....
Dari SD kita belajar PMP.... SMP, dan SMA... dan kuliah Namanya Pancasila.... padahal kita Ujian Negaranya sudah 2x nih.... Terus terang saya nggak percaya nilai saya D.... bukannya sok pintar.... tapi memang nggak terima dan nggak yakin sebelum kertas ujian diperlihatkan.... mudah2an yang "berkepentingan" soal ini ingat masalah ini... he..he...
Terpaksalah wisuda diundur 6 bulan dengan mengikuti ulang UNC... dan alhamdulillah dapat B walau nggak A... tapi nggak apa2lah... moral kita bukan diukur oelh nilai Pancasila dan PMP bukan? tapi yang ngukur pertama sekali adalah Yang Maha Kuasa baru masyarakat, teman-teman dan lingkungan kita....

Zaman telah berubah....
Saat ini untuk membuat skripsi, nilai dan sebagainya sudah bisa kita dapatkan secara online dan mudah lewat internet tanpa capek-capek lagi... duduk didepan komputer, segelas coca-cola dan ditemani kekasih....kita bisa mendapatkan itu semua di ujung jari kita....
semua bisa lebih transparan... makanya semenjak tahun 1999 telah didengungkan yang namanya e-goverment, e-learning, e-campus dan e e e lainnya.... sehingga masyarakat bisa melihat apa yang terjadi sesungguhnya. Begitu juga dengan skripsi.... dosen nggak usah pusing2 lagi memeriksa apa ini skripsi bajakan apa bener2 buatan asli? Begitu juga dengan mahasiswa... nggak usah sakit kuning lagi buat cari bahan skripsi.... semuanya telah ada di dunia maya... makanya bagi yang belum kenal dunia maya kasihan deh lo..... bayak yang dapat kita ambil dari sini.... salah satunya yang butuh tentang bahan skripsi silahkan klik link ini :


atau cari di google aja deh.... capek..... he...he.he....
tapi jangan cimplak habis ya... sebagai bahan dan perbandingan aja....
Sebagai informasi..... saya juga mengenal sistem Windows juga pas buat skripsi.... emang ketinggalan betul.... Orang sibuk buat proposal skripsi saya sibuk buat proposal HMTMI... edan emang....

Comments :

1
Toska mengatakan...
on 

mhhhh...
pengalaman bikin skripsi memang berkesan, saya juga ingat waktu bikin skripsi sampai ujian kompre benar2 menyita energi fisik dan emotional. waktu itu pembimbing I Pak Efridal dan pembimbing II pak Desto. skripsi yang di ambil mengenai ergonomi/data antropometri.
menurut pak desto kita boleh menggunakan data sekunder antropometri untuk merancang sistem kerja.
ketika kompre yang datang adalah pembimbing I pak efridal menyalahkan data yang dipakai..
akhirnya saya harus ngulang lagi data skripsi...
sebenarnya keslahan saya waktu kompre adalah karena tidak bisa mengendalikan emosi dan ngotot dengan data yang digunakan...